Prodi Kimia Terlibat dalam Pengembangan Bioetanol di Bone Bolango

Oleh: Ahmad Kadir Kilo . 23 Juni 2022 . 14:33:08

Dalam rangka meningkatkan ekonomi petani aren di Desa Lonuo, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bonebol mengggelar Pelatihan Pengolahan Bioetanol Menjadi Hand Sanitizer, Rabu 23 Juni 2022.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Lonuo ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindag dan UMKM Bonebol Imran Bagu.Menurutnya, potensi aren yang dimiliki Desa Lonuo sangat baik dikembangkan sebagai bioetanol agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Pohon aren di Desa Lonuo berjumlah kurang lebih 5 ribu pohon. Sehingga memiliki potensi yang sangat besar untuk pembuatan bioetanol," Ungkapnya.

Sementara itu, dekan FMIPA yang juga dosen Prodi Kimia Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si sebagai narasumber utama menyampaikan materi seputar potensi bioethanol nira aren sebagai bahan baku handsanitizer.

Disela-sela pemaparan materi, dekan yang juga dosen Jurusan Kimia FMIPA ini mendukung kegiatan desa dengan memanfaatkan program MBKM dari Kemendikbud yang melibatkan mahasiswa.

"Dengan program MBKM mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman nyata di lapangan atau ditengah-tengah masyarakat," paparnya.[]

Agenda

29 - 30 Mei 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Kimia oleh LAMSAMA

31 Juli 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Website